NFC

Banyak ponsel,khususnya smartphone yang sudah memiliki fitur NFC,tapi  masih banyak yang belum tau apa sih itu NFC,bagaimana bentuk dan wujudnya?
Daripada bingung,mending kita simak sama-sama ulasan mengenai NFC ini...

 NFC sendiri berawal dari adanya Forum Near Field Communication (http://www.nfc-forum.org/home) yang di dirikan pada tahun 2004.Ini adalah suatu asosiasi non profit yang bertujuan untuk menerapkan standarisasi,mengimplementasikan serta mempromosikan teknologi NFC.Saat ini anggota forum terdiri dari 160 anggota dan terdiri dari perusahaan manufaktur pengembang dan lembaga keuangan .

 NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication,yaitu suatu teknologi yang merupakan pengembangan dari teknologi kartu Radio Frequency Identification (RFID).Secara prinsip RFID memiliki bentuk dan kegunaan yang sama dengan kartu ATM.Hanya saja bedanya dengan kartu ATM,untuk melakukan suatu pembayaran kartu RFID tidak perlu di gesek ke suatu alat namun cukup di dekatkan ke suatu alat yang di sebut reader.Di Indonesia ,kartu RFID sudah banyak di gunakan seperti e-toll untuk pembayaran otomatis gerbang tol.

 Pada ponsel yang sudah di tanamkan chip NFC maka ponsel dapat bertindak sebagai alat pembayaran dan juga bisa bertindak sebagai reader.Untuk pertama kalinya teknologi NFC juga akan di integrasikan ke dalam kartu SIM yang memungkinkan operator ponsel untuk memasukan layanan NFC langsung ke kartu itu sendiri.

Dalam hal ini akan memudahkan pertukaran data antar perangkat seperti memindahkan file gambar,data,dengan cara yang lebih sederhana dan nyaman.Dan dalam penggunaan lain seperti informasi kartu kredit dapat dengan aman di simpan pada kartu SIM.Selain itu hanya cukup mendekatkan perangkat mobile dengan mesin terminal pembayaran maka proses pembayaran dilakukan dengan cepat dan lebih sederhana.

Semua perangkat NFC memungkinkan untuk membaca dan menulis informasi pada kecepatan tinggi (424 Kb/s).Koneksi NFC terjadi ketika ada sambungan antar perangkat dan kompatible dengan Bluetooth dan Wi-Fi.Karena cara dan fungsi yang sangat terbatas itu maka akan menjamin komunikasi antar perangkat yang aman dari kehilangan data.

Beberapa Fungsi Yang Dapat Di Jalankan Melalui Fitur NFC : 
  • Pembayaran kartu kredit yang terintegrasi ke perangkat mobile.
  • Pembayaran tiket elektronik untuk penggunaan transportasi.
  • Dokumen elektronik pribadi.
  • Download data seperti jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api.
  • Musik dan download foto dari kamera,ponsel dan pembaca multimedia.
  • Koneksi P2P (peer to peer) untuk transmisi informasi yang mudah antar perangkat nirkabel.
Dengan teknologi Near Field Communication (NFC) akan membuat hidup jadi lebih mudah dan lebih nyaman bagi konsumen karena lebih mudah untuk melakukan transaksi,pertukaran konten digital dan penghubung antar perangkat elektronik.
Ditulis oleh: Kang Tarso - Friday, January 25, 2013

Belum ada komentar untuk "NFC"

Post a Comment

SAHABAT BLOGGER

ADMIN BLOG

Selamat datang di Dunia Tekno