Fungsi Tombol Aneh Pada Kalkulator

Kalkulator adalah alat bantu hitung elektronik yang banyak digunakan oleh semua orang. Bahkan di smartphone kamu juga akan menemui aplikasi kalkulator bukan? Fungsi kalkulator sangat bermanfaat bagi sebagian orang yang berkecimpung di dunia ekonomi, bisnis, perbankan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan uang. Dibalik semua kebutuhan itu, tahukah kamu bahwa semua fungsi dan tombol yang ada dalam kalkulator itu? Mungkin untuk tombol kalkulasi seperti penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (x), pembagian (:), dan operasi sederhana lainnya mungkin sudah banyak yang kalian ketahui serta bisa mengoperasikannya. Bagaimana dengan tombol lainnya seperti M+, M-, MC, MR dan tombol asing lainnya?

Nah, berikut ini saya akan bagikan sedikit informasi mengenai tombol dan arti simbol pada kalkulator sederhana dari berbagai sumber dan pengalaman sendiri.

Sebenarnya ini sederhana sekali, tapi saya yakin tidak semua orang tau fungsi-fungsi tombol MC, MR, MS dalam kalkulator. Apalagi kalau kerja’an kamu tidak berhubungan dengan angka-angka atau pekerjaan yang tidak banyak melakukan penghitungan uang. Tapi suatu saat saya yakin kamu semua akan berhadapan dengan hal ini. Nah, inilah sebenarnya peran dari tombol MC, MR dan M+ pada kalkulator. Mari kita simak cara mengoperasikan kakulator.

Kalau kamu mau menghitung misalnya:

Lima puluh ribu dibagi tujuh ribu ditambah tiga ribu

50.000 / (7.000+3.000) =

Maka kamu bisa menghitung dulu penyebutnya dengan menekan tombol angka 7000 lalu tombol + lalu tombol angka 3000 lalu tombol =

Setelah itu keluarlah hasil perhitungan pada layar, yaitu angka 10000. kemudian tekan tombol M+ agar hasil perhitungan tadi (yaitu angka 10000) tersimpan dalam memori kalkulator. Setelah itu lanjutkan perhitungan dengan menekan tombol 50000 lalu tombol / , lalu tombol MR (untuk menampilkan angka yang tersimpan di memori kalkulator tadi) lalu tombol =

Keluarlah angka 5 yang merupakan hasil perhitungan 50.000 dibagi dengan 10.000.

Nah, saat kamu menekan tombol MR tadi, angka 10.000 yang sudah tersimpan di memory calculator tadi akan muncul di layar. Itulah fungsi terbesarnya. MR adalah singkatan Memory Recall (memanggil kembali angka yang tersimpan dalam memori kalkulator). Sementara M+ adalah untuk menyimpan angka yang tertera pada layar ke dalam memori kalkulator.

Fungsi yang lainnya adalah MC, yaitu singkatan dari Memory Clean, yang berfungsi untuk membersihkan memori agar dapat diganti lagi dengan angka yang baru, yang tidak ada kaitannya dengan angka yang tersimpan sebelumnya.

Tombol-tombol ini bisa kamu gunakan untuk menghitung rumus-rumus statistika ataupun perfect value-future value. Ataupun untuk menghitung administrasi keuangan kantor atau keuangan pribadi kamu. Hal-hal yang saya sebutkan tadi memang tidak diajarkan di bangku kuliah, apalagi kalau kamu kuliah nya bukan pada bidang Ekonomi atau Akuntansi.

Contoh di perhitungan di atas hanyalah contoh sederhana-nya saja, karena kelak kamu akan terbantu sekali jika menemui angka-angka nya sudah mulai rumit seperti angka-angka yang berupa angka desimal yang terdiri atas beberapa angka di belakang koma.

Daftar tombol-tombol yang dapat kamu temui pada kalkulator:

M+ = Memory Plus
Cara menggunakan M pada kalkulator. Kegunaannya ialah untuk menyimpan angka yang ada dalam layar ke dalam memori kalkulator. Misalnya hasil perhitungan 13+12 = 25, kemudian tekan M+ , maka angka 25 akan tersimpan di MEMORY. Untuk memanggil kembali memori digunakan tombol MR atau MRC. Selain untuk menambah memory, M+ juga dapat diguanakan untuk memasukkan angka lebih dari 16 digit. Contoh: misalnya kita akan memasukkan 16 digit angka, pasti gak akan bisa, namun bila kita menekan tombol M+, kita dimungkinkan untuk memasukkan angka lebih dari 16 digit.

MR atau MRC = Memory Recall.
Fungsi MR dan MC pada kalkulator yaitu untuk menggunakan/mengambil/ menampilkan kembali angka yang telah disimpan di memory kalkulator. Misalnya hasil perhitungan yang tadi disimpan dengan angka 25, untuk menampilkan kembali ke layar maka kamu harus menekan tombol MR atau MRC.

* Pada beberapa kalkulator ada yang menampilkan tombol MR, namun ada juga yang menampilkan tombol MRC. Sebenarnya fungsi kedua tombol tersebut sama kok.

MC atau M- = Memory Clear atau Memory Minus.
Untuk menge-set memory ke 0
Fungsinya ialah untuk menghapus memori yang telah terisi dengan angka sebelumnya. Misalnya ketika memori awal sudah dipanggil dan menampilkan angkanya, maka gunakanlah tombol M- atau tombol MC untuk menghapusnya dari memory, sehingga kalkulator tidak menyimpan angka yang sebelumnya.

Fungsi tombol tersebut ialah untuk memanggil Grand Total memori. Fungsinya hampir sama dengan tombol MR atau tombol MRC yaitu untuk memanggil memori dari Grand Total. Setiap kali kamu menekan tombol = , maka hasilnya akan selalu tersimpan ke dalam GT atau Grand Total.

AC = ALL CLEAR.
Fungsinya ialah untuk menghapus angka yang muncul pada layar dan me-reset semua fungsi yang telah kamu input / masukkan, namun AC tidak akan menghapus data yang tersimpan di memori kalkulator (fungsi M).

CE = CLEAR ENTRY.
Fungsinya ialah untuk menghapus angka / operasi terakhir yang udah kamu input.

(+/-) = Tanda plus atau minus pada angka.
Fungsinnya ialah untuk menandai angka dengan bilangan positif atau negatif. Biasanya digunakan untuk penghitungan seperti 100 + (-50) = 50.

Min = singkatan dari Memory Input.
Fungsinya ialah untuk memasukkan nomor yang ditampilkan saat ini ke dalam memori kalkulator.

EXP = adalah singkatan dari EXPONENSIAL.
Fungsinya ialah untuk menghitung pangkat. Contoh: Jika kita akan melakukan perhitungan 1,234 x 10 ^ 6, maka di kalkulator kita bisa menekan tombol 1 . 2 3 4 EXP 6

Shift
Fungsinya sebenarnya hampir mirip seperti fungsi Shift pada keyboard komputer. Biasanya fungsi Shift di kalkulator gunanya untuk mengakses fungsi tambahan yang ada.

MS : Adalah singkatan dari Memory Storage
* Tidak semua tombol di atas ada pada kalkulator tradisional.

Nah, itu tadi fungsi dan kegunaan tombol-tombol yang ada pada kalkulator. Jika ada kesalahan mohon koreksinya. Saat tulisan ini di publish, saya juga baru saja berkutat dengan beberapa simbol-simbol pada kalkulator dan juga sedang mempelajarinya. Semoga bermanfaat. Terima kasih yah sudah membaca.

Ditulis oleh: Kang Tarso - Friday, October 30, 2015

Belum ada komentar untuk "Fungsi Tombol Aneh Pada Kalkulator"

Post a Comment

SAHABAT BLOGGER

Selamat datang di Dunia Tekno