Simpan Data Gratis Online Dengan Cloud Storage



Hidup di zaman berteknologi canggih membuat manusia semakin mudah dan lancar melakukan semua aktivitas, khususnya pemanfaatan internet secara luas. Dengan berbagai fitur dan fasilitas yang ditawarkan oleh dunia teknologi informasi berkat internet, tidak bisa dihindari bahwa orang-orang tentunya ingin memanfaatkannya dengan optimal. Mengunduh dan mengunggah data, siapa yang tidak melakukannya di zaman internet seperti sekarang ini? Lagu, video, film, foto atau gambar, aplikasi, permainan (game), dokumen, atau apa pun itu yang menarik hati dalam bentuk berbagai tipe file, sudah barang tentu akan menggerakkan orang-orang secara impulsif untuk klik kanan pada tetikus (mouse) dan menge-save as (menyimpan di) data yang membuatnya tertarik dan terkesan.


Tapi apa gunanya berada di zaman internet kalau tidak mengetahui dan tidak mau memanfaatkan fasilitas dan aplikasi yang disediakan oleh ruang maya untuk kita? Karena sejak beberapa tahun ke belakang, sudah menjamur tempat penyimpanan data di internet (cloud storage). 

Beberapa keuntungan yang bisa didapat dari layanan cloud storage di antaranya adalah:
  1.  Performa kualitas tinggi dan berbasis SAN (Storage Area Network).
  2. Penyimpanan data di ruang maya yang dapat berkembang dengan baik sesuai keperluan, sehingga pengguna tidak perlu ribet membawa-bawa beberapa flash disk, hard disk eksternal, CD, atau media penyimpan data lainnya.
  3. Pengguna dapat memanfaatkan layanan dari situs yang menyediakan kapasitas menyimpan berkas dari ukuran kecil hingga sekian GB.
  4. Dapat diakses dari mana pun dan kapan pun selama masih ada koneksi internet, tidak hanya terbatas pada satu komputer atau perangkat berbasis komputer apa pun jenis dan mereknya.
  5. Gratis, tanpa perlu membayar biaya apa pun, pengguna bisa memanfaatkan kapasitas yang disediakan hingga puluhan atau ratusan GB. Untuk kapasitas lebih, pengguna memang biasanya ditarik biaya.
  6. Aman. Tidak ada berita yang mengabarkan bahwa ada yang iseng membobol sistem ini , asalkan pengguna juga tidak lalai atau ceroboh supaya password tidak jatuh ke tangan pihak lain yang berniat tidak baik.

Berbagai situs hosting file pun sekarang ini sudah sangat ternama dan terjamin kualitasnya. Cukup mudah penggunaannya, tidak berbelit-belit. Seseorang hanya perlu melakukan registrasi untuk membuat akun pada situs penyedia layanan cloud storage. Setelah itu, pengguna bisa langsung mengunggah data-data yang ingin disimpan atau di back up. Dan semua pendaftaran atau aktivitas apa saja terkait cloud storage, bisa dilakukan lewat perangkat  berbasis komputer apa pun yang terhubung ke internet seperti desktop, tablet, maupun smartphone (telepon seluler cerdas).

Aplikasi Cloud Storage

Pengguna pengguna BlackBerry 10 dan Android 4.2 mendapatkan layanan-layanan yang hebat tak terbatas untuk cloud storage, seperti:

SkyDrive
Box
Dropbox
ZipCloud
Cymbidium

Sementara iPhone 5 memperoleh layanan iCloud. Sama seperti situs penyimpanan di internet, iCloud adalah tempat penyimpanan data online yang disediakan oleh Apple khusus bagi pengguna produk besutannya. Disediakan kapasitas mencapai 5 GB. Namun ada keterbatasan untuk aplikasi ini, karena pengguna hanya bisa menyimpan data berupa foto sebanyak 1000 dan hanya sementara, yaitu sampai 30 hari. Di samping itu, untuk data musik, pengguna harus membayar biaya $25 per tahun, walau untuk file lain, semuanya cuma-cuma.

Saya berharap informasi-informasi diatas dapat membantu Anda memaksimalkan penggunaan internet dalam pekerjaan maupun kehidupan Anda sehari-hari. Selamat mencoba!

Jika Anda suka dengan artikel ini, silakan di klik suka (like) atau berikan komentar Anda di kotak komentar yang tersedia. Saya ucapan terima kasih atas kunjungan, kritik atau sarannya.


Ditulis oleh: Unknown - Monday, July 29, 2013

6 komentar untuk "Simpan Data Gratis Online Dengan Cloud Storage"

  1. Cara bikin foto jdi video gmna bos

    ReplyDelete
  2. makasih gan infonya
    info seputar Bola, prediksi bola TERBARU dan TERPERCAYA
    bisa Anda dapatkan disini..
    www.bola368.net

    ReplyDelete
  3. maaf gan.. komen lah pada artikel terkait

    ReplyDelete
  4. yang jelas kalo cloud storage gini aman, kalo tiba2 harddisk ketinggalan, datanya tinggal ambil aja dengan cara konek ke internet hehehe

    ReplyDelete

SAHABAT BLOGGER

ADMIN BLOG

Selamat datang di Dunia Tekno