Mengenal Fungsi Penting Motherboard

MOTHERBOARD adalah induk dari komponen dalam sebuah Personal Computer (PC).Dalam sebuah PC,motherboard memiliki tugas sebagai komponen papan sirkuit utama yang menghubungkan satu komponen dengan komponen lain.Lalu apakah perbedaan motherboard satu dengan yang lain? Terkadang,kita tidak mengetahui kemampuan sebuah motherboard sesuai dengan kebutuhannya.


"Chips" dan Memori

  chipset adalah komponen utama yang ada di dalam motherboard.Tugasnya,mengontrol komunikasi antarmuka dengan komponen yang berbeda dari sistem.Jenis chipset dan memori harus di dukung oleh motherboard.Apabila anda membutuhkan kemampuan grafis dalam komputer,cobalah untuk mencari motherboard dengan kemampuan chipset yang mendukung memori kecepatan tinggi.Modul memori harus di sinkronisasi dengan motherboard.


Prosesor

 Satu lagi yang harus di perhatikan dalam sebuah motherboard adalah kompatibilitas dengan CPU,seperti apakah memilih prosesor dengan bermerek AMD atau Intel.soket yang menghubungkan prosesor CPU ke motherboard harus sesuai dengan sambungan dari prosesor serta motherboard,karena tidak ada kompatibilitas langsung antarsoket.Prosesor juga cukup menentukan kecepatan yang akan di hasilkan oleh komputer Anda.


"Port" USB dan "slot" ekspansi 
  
Dalam sebuah motherboard,jangan lupakan untuk selalu memeriksa port USB yang tersedia.hal ini tentu akan berpengaruh kepada pekerjaan Anda.Lalu,periksa juga jumlah slot ekspansi.Hal ini sebagai salah satu unsur yang harus di perhatikan jika anda ingin menambahkan grafis,suara tambahan,atau internet tambahan ke motherboard.Perhatikan jenis dan jumlah slot ekspansi seperti PCI bus minimal tipe terbaru dan AGP bus support terbaru.Sesuaikan slot ekspansi dengan Card Adapter yang mungkin di perlukan.


SATA "hard drive" dan "Optical Drive"

 Jika sebuah sistem memiliki SATA Hard Drive dan Drive Optik,penting untuk mendapatkan motherboard yang mendukung teknologi SATA.Sebagai teknologi,SATA adalah bus komputer,di rancang untuk melakukan perpindahan data antara motherboard dan komponen-komponennya.       
Ditulis oleh: Kang Tarso - Friday, October 5, 2012

Belum ada komentar untuk "Mengenal Fungsi Penting Motherboard"

Post a Comment

SAHABAT BLOGGER

ADMIN BLOG

Selamat datang di Dunia Tekno