Pengertian Mengenai Prosesor Quad-Core

Standar baru bagi smartphone,khususnya smartphone high-end mengusung teknologi quadcore.Banyak smartphone quadcore yang beredar di pasaran.Beberapa di antaranya seperti Samsung Galaxy S III,Samsung Galaxy Note II,HTC One X+ atau LG Optimus Vu.

Menurut Nividia,prosesor quad-qore meningkatkan kinerja multitasking serta kinerja aplikasi multithread.Nividia mengatakan prosesor quad core membawa sebuah smartphone ke tingkat kerja yang sebanding dengan komputer desktop/PC.

Lalu apa dan bagaimana prosesor quad core itu sendiri? sejatinya,sebuah prosesor quad core adalah bagian dari perangkat keras yang terdiri dari tiga komponen.Yang pertama adalah inti,dalam hal ini terdiri dari empat inti.

Keempat inti ini terbungkus dalam sebuah komponen yang terlihat berwarna silver,kemudian keempatnya dipaketkan ke dalam material berwarna hijau yang berbentuk pin.Ini yang di namakan CPU pada perangkat mobile Anda dan ketika di gabungkan membentuk prosesor quad core.

Prosesor quad core adalah chip dengan empat unit independen yang di sebut core.Yang mana mampu membaca,mengeksekusi instruksi CPU seperti menambahkan data,memindahkan,menghapus atau menggabungkan data.


Dalam chip,masing-masing inti ini saling bekerjasama dengan sirkuit lain selain seperti cache,manajemen,memori, dan input / output (I / O) port.

Satu core dalam prosesor quad core dapat menjalankan beberapa instruksi sekaligus.Termasuk meningkatkan kecepatan program dalam proses paralel.Vendor biasanya mengintegrasikan core ke sebuah semikonduktor tunggal.Atau ke dalam multiple semikonduktor dalam beberapa paket IC (Integrated Circuit) tunggal.

Game,tentu saja adalah contoh popular.Quad core mendukung aplikasi multithread,yang berarti sebuah game dapat berjalan dalam beberapa proses sekaligus.Gameplay pada ponsel dapat mendukung proses simultan dan tampil dalam grafis berkualitas.

Dengan prosesor ini,game atau film 3D sekarang akan tampak lebih halus,dengan hampir tidak lag.Misalnya,chip Nividia Tegra 3 di katakan lima kali lebih cepat  dari dual core Tegra 2.

Tidak hanya game yang benar-benar bisa mendapatkan keuntungan dari prosesor quad-core.Software imaging ,dapat menampilkan beberapa foto jauh lebih cepat dari ponsel single atau dual-qore.Aplikasi foto dan video seperti Adobe Photoshop untuk tablet,juga mendapatkan manfaat dari prosesor quad core.

Meskipun kita menganggap  bahwa prosesor quad core akan beroperasi dua kali lebih cepat dari dual core dan empat kali lebih cepat dari single core.Terkadang kecepatannya bervariasi tergantung pada kebiasaan pengguna,sifat dari program yang di jalankan ,dan kompatibilitas prosesor dengan hardware lain dalam sistem secara keseluruhan.

Sementara kita telah melihat beberapa keuntungan yang mungkin dari prosesor quad core.Ada beberapa hal yang perlu di pertimbangkan di mana jumlah core yang lebih banyak tidak selalu berarti bahwa ponsel Anda akan lebih cepat.

Bahkan prosesor dual-core bisa lebih cepat dari yang quad core,jika chipset yang di pasang bisa dioptimalkan untuk melaksanakan instruksi atau tugas dengan kecepatan dan efisiensi.Yang lebih penting adalah semua core CPU tidak sama .Jadi, apakah sekarang saat yang tepat bagi Anda beralih ke smartphone quad core ? 


Ditulis oleh: Kang Tarso - Thursday, January 17, 2013

4 komentar untuk "Pengertian Mengenai Prosesor Quad-Core"

  1. akhirnya ngerti juga apa itu quad core -_-
    berarti quad core itu intinya 4 kan?

    ReplyDelete
  2. mantaps gan, oya bagi yang butuh tambahan referensi tentang cpu, seperti mengenal design khusus (class-class cpu) silakan mampir kemari gan,

    Pranala--> MENGENAL CPU (Central Processing Unit)

    ReplyDelete
  3. berarti kalo mau beli android, enaknya pilih dualcore, quadcore, atau yang terbaru: octacore?

    ReplyDelete
  4. Misi gan, izin share ya...
    Kami menjual VGA CARD

    Radeon 7730 - 2GB / 128-bit / DDR5 Sapphire
    Price Rp 797.000

    Deskripsi :

    The SAPPHIRE HD 7700 series is an extensive family of graphics cards targeting the enthusiast on a budget and mainstream users looking for increased graphics performance. It is based on the latest generation of GPU's from AMD built in its 28nm process and featuring the highly acclaimed GCN graphics processing architecture. The new HD 7730 1GB and 2GB GPUs have an optimised internal structure sharing many of the features of the higher performance models in the HD 7000 series but with fewer Stream Processors.

    Kunjungi web kami untuk produk lainnya



    Terimakasih :)

    ReplyDelete

SAHABAT BLOGGER

ADMIN BLOG

Selamat datang di Dunia Tekno