Cara Menjaga Kondisi Knalpot Mobil

Kondisi knalpot sering kali luput dari perhatian pemilik mobil. Padahal perawatan bagian ini bisa membantu menekan emisi dan menghindari kebocoran gas buang yang terhirup penumpang.

 Beberapa gejala yang muncul saat sistem pembuangan mengalami gangguan pada mesin relatif lebih cepat panas atau kekurangan tenaga. Hal ini mungkin di sebabkan kerusakan pada bagian knalpot atau peredam suara sehingga secara langsung memberi tekanan yang lebih besar pada mesin.

 Jika sistem pembuangan berisik,peredam suara mobil Anda mungkin bermasalah. Akan tetapi , kalau terdengar suara desis, Anda harus waspada terhadap kemungkinan terjadi kebocoran . Kalau menemui hal seperti ini ada beberapa hal yang bisa di lakukan.


Pertama, periksa pipa saluran pembuangan . Kalau ada karat,cobalah untuk menggosoknya secara perlahan dengan amplas hingga karat hilang. Akan tetapi,kalau kondisinya parah,sebaiknya ganti pipa pembuangan dengan yang baru.

 Kemudian periksa dengan seksama saluran tersebut dari kebocoran. Anda bisa melakukan hal ini dengan mengetuknya secara perlahan. Jangan lupa untuk memeriksa sambungan pipa pembuangan ,kalau ada kebocoran Anda bisa membawanya ke bengkel untuk di las.

 Mengingat karat dan korosi muncul karena air dan kotoran yang menempel, maka sangat di anjurkan untuk mencuci saluran pembuangan secara rutin,apalagi kalau mobil sering di gunakan melewati jalan yang kotor dan berair. Untuk bagian knalpot, tidak ada salahnya menambahkan penutup atau tail pipe untuk menghindari air masuk ke dalam knalpot.

Sistem knalpot seyogyanya mendapat perhatian seperti bagian-bagian lain dari kendaraan Anda.

Semoga bermanfaat..!!
Ditulis oleh: Kang Tarso - Thursday, April 25, 2013

Belum ada komentar untuk "Cara Menjaga Kondisi Knalpot Mobil"

Post a Comment

SAHABAT BLOGGER

Selamat datang di Dunia Tekno