Fitur Android 5.0 KLP (Key Liem Pie)

Setelah melahirkan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) pada khir tahun 2011,kemudian  Android 4.1 (Jelly Bean) pada juli 2012, kini google tengah bersiap untuk mengumumkan Android generasi berikutnya ; Key Liem Pie. Santer di beritakan bahwa Key Lime Pie (KLP) bakal mengadopsi versi 5.0.

 Kalau rumor tersebut terbukti benar, maka Key Liem Pie bisa di pastikan akan membawa perubahan signifikan. Seperti yang terjadi pada versi-versi sebelumnya, lompatan angka yang jauh biasanya diikuti oleh perubahan besar. Tapi jika cuma mengadopsi versi 4.3, Key Liem Pie kami rasa "hanya" akan tawarkan perbaikan minor saja. Walau tentu saja masih menarik untuk di telisik.

 Kira-kira, perbaikan dan fitur anyar apa saja yang akan di geber oleh KLP? Belum ada bocoran resmi. Namun sebagai pemanasan mari kita intip beberapa prediksi berikut.

Lebih Gesit dan Efisien

Sudah menjadi rahasia umum kalau Google selalu mencari cara untuk meningkatkan kinerja patform Android. Tak terkecuali di Android 5. Kabarnya, performa KLP bakal lebih cepat  dan halus ketimbang Android 4.2 Jelly Bean. Situs Android Central melaporkan jika Google sedang bekerja pada Linux Kernel 3.8 untuk Android 5.0. Ini agak teknis . Intinya, dengan level kernel tersebut maka konsumsi memori RAM  dapat di tekan ,dengan begitu fungsi multitasking bisa lebih efisien.

Google Babble

Merupakan fitur yang bakal menyatukan berbagai layanan chatting ke dalam sebuah aplikasi. di kutip dari Android Geeks, Google Babble akan mencakup Google Talk, Hangouts, Voice, Messenger, serta Google Drive . Fasilitas ini di katakan bakal tersedia juga untuk Android lama-Gingerbread ke atas.

Integrasi Jejaring Sosial

Meski sudah di lengkapi segudang fitur canggih , sampai detik ini sistem operasi Android belum juga melakukan integrasi langsung dengan layanan social media , seperti Twitter atau Facebook. Padahal di ekosistem iOS, bahkan di OS anyar Windows Phone dan Blackberry 10 fitur tersebut sudah di terapkan sejak jauh-jauh hari. Pada Android 5, fitur ini tampaknya bukan lagi angan - angan belaka.

Native Video Call

Mayoritas ponsel Android di lengkapi kamera depan, tetapi hanya segelintir saja yang mendukung native video call (panggilan video tanpa aplikasi tambahan). Nah, di Android 5.0 fasilitas tersebut besar kemungkinan bakal di ungkap. langkah ini sekaligus untuk bersaing dengan FaceTime milik apple, video chat dari Blackberry, dan Skype yang terintegrasi dengan windows Phone.

 Sejatinya, Google sudah lama menyediakannya, yakni lewat Hangouts di Google+. Tetapi belum di sematkan secara default pada sistem Android. Kalau skema integrasi dengan Google+  ini terealisasi, maka secara otomatis fasilitas video conference pun bakal tersedia.

Sinkronisasi Fitur Pesan

Pernah dong mereset-reset atau mengupgrade OS Android? melakukannya memang mudah. Tetapi yang kerap bikin malas adalah mengamankan data. Anda harus memindahkan dulu file-file di ponsel ke PC. Sedang email dan kontak tidak perlu, sebab tersimpan secara otomatis di internet pada server milik Google. Bagaimana dengan SMS dan MMS? Anda harus melakukannya dengan cara berliku dengan menggunakan aplikasi tambahan, tetapi di Android 5.0, Google akan menambahkan fitur Text Sync, di mana pesan SMS dan MMS dapat tersinkronisasi langsung dengan internet seperti halnya Gmail.

 Di luar poin-poin tadi , tentunya ada sebuah spekulasi lain untuk Android KLP. Sebut saja , metode Swipe virtual keyboard, multiple select pada Contact, opsi tampilan ikon persen pada baterai, serta peningkatan Google Now. Jika sobat penasaran tunggu aja pembuktiannya . 
Ditulis oleh: Kang Tarso - Saturday, May 25, 2013

Belum ada komentar untuk "Fitur Android 5.0 KLP (Key Liem Pie)"

Post a Comment

SAHABAT BLOGGER

Selamat datang di Dunia Tekno