Tips Memilih Helm

Bagi pengendara sepeda motor, kebutuhan helm tidak sekedar mengikuti aturan lalulintas semata. Maklum, helm,jaket, celana, dan sepatu adalah pengaman utama saat terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, sebagai pelindung utama untuk kepala, pemilihan helm tidak bisa di lakukan secara sembarangan. bentuknya pun harus memenuhi standar yang di tetapkan dan mampu melindungi bagian terpenting pada kepala.

Satu hal yang tidak boleh di abaikan adalah faktor kenyamanan. hal ini perlu di pertimbangkan mengingat banyak pengendara sepeda motor melakukan perjalanan lebih dari satu jam berkendara. belum lagi posisi duduk di sepeda motor yang tidak bisa sebebas  dan senyaman mereka yang duduk di mobil. beberapa tips berikut ini bisa di pertimbangkan saat akan memilih dan memebeli helm.

1. Helm yang baik seharusnya memiliki bentuk yang memenuhi standar keamanan. Hidarilah pemakaian helm yang berbentuk cetok yang biasa di pakai oleh tukang atau kuli bangunan. Sebaiknya Anda memilih helm yang terbuat dari lapisan cangkang luar yang membungkus seluruh kepala dan menyisakan ruang yang cukup untuk memandang ke depan. Di pasaran , helm tersebut memiliki cangkang yang lumayan tebal dan tahan terhadap benturan.

2. Hindari pemilihan helm yang longgar karena nyaris tak memberi manfaat. Jangan pula membeli yang terlalu sempit karena dapat menganggu aliran darah dalam kepala sehingga bukan tidak mungkin jika Anda merasakan pusing, sakit kepala , atau bahkan sesak nafas . Cara terbaik adalah mencobanya di toko tempat Anda membeli. Jika terasa nyaman, baru helm di beli.

3. Kenyamanan helm harus di tunjang dengan beratnya yang cukup ringan, sehingga tidak membebani kepala jika di pakai untuk perjalanan jauh.

4. Pastikan kaca helm yang terpasang nyaman untuk memandang . Kalau bisa, pilihlah mika yang bening dan tidak memiliki efek cembung atau cekung agar tidak membuat pusing kepala atau bahkan mengurangi jarak pandang.


Semoga Membantu...!!
Ditulis oleh: Kang Tarso - Tuesday, May 28, 2013

1 Komentar untuk "Tips Memilih Helm"

SAHABAT BLOGGER

ADMIN BLOG

Selamat datang di Dunia Tekno