Perbedaan RAM dan ROM

Sering kita mendengar istilah RAM dan ROM yang ada pada sebuah fitur ponsel atau tablet.Tapi apa sebenarnya yang di maksud dengan RAM dan ROM tersebut.Cukup banyak pengguna ponsel yang masih bingung dengan kedua istilah tersebut.Dan apa saja fungsinya masing-masing khususnya yang ada pada perangkat telekomunikasi.

Sebelumnya kita kupas terlebih dahulu apa yang di namakan ROM .ROM adalah kepanjangan dari Read Only Memory berjenis memori yang hanya dapat di baca dan tidak dapat diisi atau di tulisi data.Untuk melakukan pengisian dan penulisan data harus di lakukan dengan menggunakan proses khusus.Fungsi ROM adalah tempat menyimpan data-data internal yang di gunakan untuk menaruh OS beserta seluruh sistem-sistem yang ada di dalamnya.

ROM adalah bentuk penyimpanan data dalam komputer dan perangkat elektronik termasuk pada smartphone dan tablet yang tidak dapat dengan mudah di ubah atau di program.

Sementara RAM adalah bentuk penyimpanan data yang dapat di akses secara acak setiap saat.Dalam urutan apapun dan dari manapun lokasi berbeda dengan perangkat penyimpanan lainnya,seperti Hard Drive.

RAM diukur dalam besaran Megabyte dan Gigabyte dan kecepatannya diukur dalam nanodetik dan chip RAM dapat membaca data lebih cepat di bandingkan ROM.Dalam penggunaan umum,istilah RAM identik dengan memori utama yaitu memori yang tersedia untuk program.

Selain itu RAM membutuhkan aliran listrik untuk menyimpan data,sementara ROM akan menyimpan data tanpa aliran listrik.

RAM adalah jenis memori volatile.Data dalam RAM tidak permanen di tulis.Bila Anda matikan perangkat Anda,data dalam RAM akan di hapus.
Sementara ROM adalah jenis memori non-volatile.Data dalam ROM secara permanen tertulis dan tidak terhapus ketika Anda matikan perangkat Anda.

Ada berbagai jenis RAM,termasuk DRAM (Dynamic Random Access Memory) dan SRAM (Static Random Access Memory).Untuk jenis ROM,termasuk PROM (Programmable Read-Only Memory) yang di produksi sebagai memori kosong (misalnya CD-ROM) dan EPROM.

Ada banyak perbedaan antara RAM dan memori ROM tetapi ada juga beberapa kesamaan,kedua jenis memori sama-sama di gunakan dan keduanya di perlukan agar perangkat Anda dapat beroperasi dengan baik dan efisien.

Ada dua jenis RAM yaitu DRAM dan SRAM  
Ditulis oleh: Kang Tarso - Monday, October 8, 2012

12 komentar untuk "Perbedaan RAM dan ROM"

  1. nice share.. thanks.. membantu saya dalam presentasi.. :)

    ReplyDelete
  2. trma kasih.. snang bisa membantu...

    ReplyDelete
  3. lla yang sementara itu apa? dan yang permanen itu apa? tollong ballas cepat

    ReplyDelete
  4. nice share gan.
    terima kasih berbagi info.

    ReplyDelete
  5. ane mau beli samsung galaxy wonder ,, tp ane liat di sfekifikasix RAM521, 2GB ROM jdi ane bingung.. apa tambah bagus klo ad 2GB ROMx .. apa kecepaanx lumayan. he

    ReplyDelete
  6. klo kecepatan tergantung dari besarnya prosesor , misal udah 1 GHz ke atas pasti ngebut apalagi yg udah dual core, klo soal RAM dan ROM itu hanya memori gan... di antara RAM dan ROM akan lebih baik lagi jika RAM nya lebih gede lagi ...

    ReplyDelete
  7. terima kasih gan.sudah jelasin artikel mengenai RAM Dan ROM berikuti ini juga penjelasan lengkap mengenai:

    Perbedaan ram dan rom

    ReplyDelete
  8. Apakah hp android bisa ganti ram

    ReplyDelete
  9. Misi gan, izin share ya...
    Kami menjual VGA CARD

    Radeon 7730 - 2GB / 128-bit / DDR5 Sapphire
    Price Rp 797.000

    Deskripsi :

    The SAPPHIRE HD 7700 series is an extensive family of graphics cards targeting the enthusiast on a budget and mainstream users looking for increased graphics performance. It is based on the latest generation of GPU's from AMD built in its 28nm process and featuring the highly acclaimed GCN graphics processing architecture. The new HD 7730 1GB and 2GB GPUs have an optimised internal structure sharing many of the features of the higher performance models in the HD 7000 series but with fewer Stream Processors.

    Kunjungi web kami untuk produk lainnya



    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  10. nice share gan
    sangat bermanfaat artikelnya

    mohon ijin share
    bagi yang butuh sparepart/peripheral komputer di daerah jogja silahkan kunjungi website kami. Kami juga terima service laptop dengan proses pengerjaan yang cepat

    Terimakasih

    ReplyDelete

SAHABAT BLOGGER

ADMIN BLOG

Selamat datang di Dunia Tekno