Cara Menjailbreak iPhone

Harus di akui,gadget-gadget buatan Apple sebenarnya sudah lebih dari cukup  untuk keperluan surfing dan e-mail,akses media sosial,memutar musik atau film,dan tentu saja gaming,mulai dari judul-judul casual untuk mengisi waktu senggang sampai game-game serius yang bisa mengubah iPhone dan iPad terbaru menjadi alternatif serius pengganti console dan PC.Tapi nyatanya masih ada potensi tersembunyi dari jajaran iPod,iPhone,dan iPad yang bisa menjadikannnya bahkan lebih mumpuni lagi.Dan untuk melepaskan potensi ini,kita harus membobol kerangkeng yang di pasang oleh Apple,dengan kata lain jailbreak.


Sayangnya,kebanyakan orang mengidentikan jailbreaking dengan bajakan dan hal ini tidak sepenuhnya salah,salah satu tujuan jailbreaking memungkinkan instalasi app dari sumber-sumber selain App Store,yang mencakup sumber-sumber ilegal.karena itulah men-jailbreak sebuah iPod,iPhone,atau iPad akan menyebabkan garansi gadget tersebut hangus.selain itu,masih ada beberapa resiko lainnya dari proses jailbreak,antara lain:



Hilangnya Stabilitas Dan Keamanan
Jailbreak mengubah gadget menjadi seperti PC  biasa,rentan terhadap berbagai error,konflik,dan resiko keamanan.Berbagai extention dan add on baru yang dimungkinkan lewat jailbreak bisa menyebabkan sebagian applikasi crash jika di jalankan dan gadget kita akan rentan terhadap malware.lebih parah lagi ,berhubung garansinya sudah hangus,semua masalah tadi harus kita tangani sendiri.


 Hilangnya update rutin
Kalau kita meng-update perangkat yang sudah di-jailbraeak,perangkat itu akan kembali ke kondisi "normal".kita harus mengulangi proses jailbreak-nya,itu pun kalau sudah ada prosedur jailbreak untuk versi terbaru iOS ini,kemudian menginstal ulang semua app dan extension yang kita instal setelah jailbreak terdahulu.



Seringnya restore wajib
 Jailbreak itu pada dasarnya mudah ,tetapi tidak jarang juga entah mengapa prosesnya gagal,Artinya,kita akan di paksa melakukan restore penuh.restore iOS nya memang mudah dan cepat,tapi mengembalikan musik,foto,dan media lainnya pada gadget kita akan memakan waktu tidak sedikit.


Mahalnya Jailnya App
Merasa app-app papan atas di App Store mahal? Coba lihat dulu app-app kualitas tinggi di Cydia.Harus diakui,banyak app menggiurkan yang hanya tersedia untuk gadget yang sudah di-jailbreak,tapi bukan berarti app-app ini murah meriah...

Dengan semua risiko tadi,lalu apa keuntungan dari membobol gadget kita? Cukup banyak...


Keuntungan men-jailbreak iPhone

Cuztomization
Semua iPod ,iPhone, dan iPad 'normal' terlihat praktis seragam.Jailbreaking memungkinkan kita men-download berbagai theme dari Cydia,menggunakan app seperti app seperti Theme it untuk memodifikasi tampilan,dan menginstal  SSH untuk mengedit bagian manapun dari gadget kita.


Mengatasi Restriksi
Setelah jailbreak,kita bisa mengubah iPhone kita menjadi mobile hotspot dengan app bernama MyFi tanpa biaya bulanan yang berat .Kita juga bisa menggunakan app 3G Unrestrictor untuk memungkinkan download file dengan ukuran diatas 20Mb.menginstal Frash agar dapat membuka konten Flash,dan masih banyak lagi.


Fungsi-Fungsi baru
Apple cenderung menunggu lama sebelum menambahkan fungsi-fungsi baru pada iOS.Dengan men-jailbreak,kita bisa menggunakan app-app untuk,misalnya,mengubah fungsi tombol-tombol maupun multitouch gesture,melakukan sinkornisasi dengan iTunes via WiFi,dan masih banyak lagi...


Menggunakan app "terlarang"  
Apple cukup selektif dan kadang terlalu ketat dalam meloloskan app ke App store.
Banyak app kualitas tingggi yang entah mengapa ditolak oleh Apple.ahirnya muncul di Cydia yang hanya bisa diakses setelah jailbreak.Misalnya saja emulator SNES yang kini ramai dicari pengguna iPad.



Cara melakukan jailbreak
OK,kalau tadi adalah jajaran negatif vs.positif dari jailbreaking,lalu bagaimana dengan metodenya sendiri?
Sekali lagi,jailbreaking itu cukup mudah,dan cukup banyak panduan detilnya bisa di temukan via Google bahkan banyak juga panduan video di YouTube.tapi untuk garis besarnya,langkah-langkah jailbreak perangkat iOS adalah sebagai berikut:

 Untuk perangkat non-A5 (artinya untuk iPhone 3GS,iPhone 4GSM,iPhone 4 CDMA,iPad 1,iPod Touch 3G,dan iPod touch 4G)

Prosedurnya adalah 
1.Update dulu ke iOS v.5.0.1       

2.Download program redsn030.9.10b3(ada versi Mac OS,ada pula versi Windows)

3.Sambungkan gadget ke komputer buka redsn0w,kemudian matikan  gadget-nya.

4.klik jailbreak pada jendela redsn0w.

5.Perhatikan petunjuk di layar untuk memasuki mode DFU,kemudian klik Next,setelah itu tekan tombol power selama 3 detik,tanpa melepaskan tombol power.
 Tekan tombol Home selama 10 detik,kemudian lepaskan tombol power tapi tetap tahan tombol Home selama 15 detik.jika sukses,layar redsn0w akan berubah.

6.Pilih opsi jailbreak yang ingin di aktifkan,Cydia sudah barang tentu wajib di pilih,yang lainnya opsional.

7.Tunggu sampai prosesnya selesai,akan ada ikon Cydia di home screen yang siap di gunakan untuk menginstal berbagai app, extension,dan modifikasi baru.
Untuk perangkat dengan prosesor A5(dengan kata lain untuk iPhone 4S dan iPad 2)prosedurnya bahkan lebih simple lagi.

1.Download program greenpois0n absinthe

2. Sambungkan gadget ke komputer,buka absinthe,kemudian klik tombol jailbreak.

3.Setelah beberapa menit,gadget yang sedang di jailbreak akan melakukan reboot.di tahap ini jangan menyentuh gadget-nya dulu.akan ada pemberitahuan ketika prosesnya selesai

4.Akan ada instruksi untuk mencari "jailbreak app" di Home Screen,yang sebenarnya bernama "absinthe" Tap aja app tersebut,dan gadget-nya akan di-reboot sekali lagi.

5.Jika langkah ke 4 di atas mogok,buka setting pada gadget-nya,kemudian aktifkan switch VPN.akan ada error message,tapi abaikan saja,selanjutnya gadget akan di reboot dan menyala kembali dalam kondisi sudah di -jailbreak.

Gi mana,mudah bukan...!!!    
Ditulis oleh: Kang Tarso - Sunday, December 23, 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Menjailbreak iPhone"

Post a Comment

SAHABAT BLOGGER

Selamat datang di Dunia Tekno