Evolusi Bluetooth

Bluetooth merupakan salah satu teknologi "jadul" yang masih tetap di pakai hingga saat ini.Kemunculannya yang menggantikan InfraRed terasa begitu berarti.
 Pengertian lebih lengkap dari teknologi Bluetooth sendiri adalah merupakan teknologi wireless yang di gunakan untuk melakukan transfer datajarak pendek dengan transmisi radio (2400-2480 MHz).Bluetooth mampu menciptakan sebuah Personal Area Network (PAN) yang memiliki tingkat keamanan tinggi melalui sebuah perangkat mobile.
 Teknologi perangkat wireless ini pertama kali di ciptakan oleh Ericsson pada tahun 1994.Awalnya Bluetooth di gunakan sebagai alternatif pengganti salah satu konektor kabel.Namun,akhirnya teknologi Bluetooth lebih berkembang karena kemampuannya untuk terkoneksi pada beberapa perangkat sekaligus.
 Saat ini teknlogi Bluetooth di kelola oleh sebuah badan yang di kenal dengan nama Bluetooth Special Interest Group (SIG).Group yang berdiri sejak 20 Mei 1998 ini memiliki lebih dari 17.000 member dari segala area bisnis (komputer,telekomunikasi,jaringan dan consumer electronic).SIG mengawasi perkembangan Bluetooth serta membuat standar penggunaan untuk melindungi merk dagangnya.
 Bluetooth sendiri berasal dari bahasa Scandinavia,Blatand/Blatann.Julukan untuk raja Harald I dari Denmark dan bagian dari Norwegia yang menyatukan suku Denmark ke dalam sebuah kerajaan tunggal.Ide ini di usulkan oleh Jim Kardach,salah satu developer yang ikut mengembangkan teknologi ini.
 Pengambilan nama Bluetooth di setujui karena implikasinya yang sama,dalam hal ini menyatukan antara mobile phone dan komputer.

PENGGUNAAN

 Saat ini,Bluetooth tidak di gunakan hanya sebagai media pengiriman data.Beberapa perangkat seperti speaker,jam tangan,TV,game console,PC, dan lainnya menggunakan teknologi ini sebagai salah satu fitur utamanya untuk terkoneksi dengan perangkat smartphone.

A2DP

 Fungsi Bluetooth yang paling sering kita pakai adalah A2DP (Advanced Audio Distribution Profile).Teknologi ini memungkinkan penyaluran data audio high quality (Stereo atau mono) melalui koneksi Bluetooth.
 A2DP di desain untuk menghantarkan uni-directional streaming audio  dengan kualitas stereo 2-Channel dari sebuah MP3 player ke sebuah headset audio mobile.Penggunaan teknologi  ini mendukung streaming audio dengan format MPEG-1,MPEG-2,MPEG-4,AAC dan ATRAC serta beberapa codec lainnya.Sekedar info,A2DP menjadi salah satu teknologi yang paling banyak di gunakan saat ini.

Versi Bluetooth

 Bluetooth yang kita kenal saat ini memang memiliki banyak versi .Versi awal yang muncul adalah v1.0 dan v1.0B.Versi awal ini mengalami kegagalan karena perangkat dan teknologi yang belum begitu banyak di gunakan.

Bluetooth Versi 1.1 dan 1.2

 Bluetooth v1.1,menunjukan perbaikan dengan di sahkan sebagai standar IEEE standard 802.15.1-2002,Versi ini juga masih membawa beberapa kekurangan versi sebelumnya.Akhirnya versi sukses untuk teknologi Bluetooth ini di dapatkan pada v1.2.Versi ini memiliki kompatibilitas dengan teknologi sebelumnya dengan kecepatan 721 Kbit/s.
 Perkembangan tidak berhenti,bluetooth v2.0 + EDR di perkenalkan pada tahun 2004.Versi ini menggunakan teknologi Enhanced Data Rate (EDR) untuk transfer data yang lebih cepat.EDR mendukung kecepatan transfer data hingga 3 Mbit/s,meskipun pada prakteknya kecepatan yang ada hanya 2,1 Mbit/s.

Versi 2.1 + EDR

Tiga tahun setelah peluncuran  v2.0 + EDR.Bluetooth SIG mengumumkan Bluetooth v2.1 + EDR yang mendukung penuh kompabilitas terhadap versi sebelumnya.Pada versi ini di perkenalkan teknologi Secure Simple Pairing (SSP) yang meningkatkan pengiriman dan penerimaan sinyal antar perangkat.
 Versi 2.1 juga memperkenalkan fitur Extended Inquiry Response (EIR) yang memberikan lebih banyak informasi sebelum melakukan pairing pada perangkat lain.Teknologi ini memungkinkan penyaringan yang lebih baik sehingga dapat menghemat penggunaan daya.

Versi 3.0 + HS

 Bluetooth v3.0 + HS di perkenalkan pada 20 April 2009 yang menyediakan kecepatan hingga 24 Mbit/s.Pada versi ini link Bluetooth hanya di gunakan untuk pairing dan pembentukan jalur akses data,Sementara pengiriman dan penerimaan data menggunakan link wireless 802.11 (sama seperti Wi-Fi).
   Fitur baru dan utama dari versi ini adalah Alternate  MAC/PHY (AMP) yang memberikan dukungan link 802.11 untuk transfer data yang lebih cepat."HS" pada versi ini merupakan singkatan dari High Speed melalui penggunaan link 802.11.

Versi 4.0

 Teknologi dengan penggunaan daya yang rendah menjadi salah satu bahasan utama pada tahun selanjutnya.Bluetooth Low Energy (BLE) adalah hasil yang di dapat dan akhirnya menghasilkan Bluetooth v4.0.
 Konsumsi daya yang kecil,waktu pemakaian yang lebih lama,biaya produksi yang rendah ,jangkauan yang lebih besar serta kecepatan transfer hingga 1 Mbit/s menjadi keunggulan Bluetooth v4.0 ini.BLE tidak di gunakan pada semua perangkat,oleh karena itu Bluetooth v4.0 menggunakan teknologi Dual Mode ,yaitu mengaktifkan dua tipe wireless.Koneksi wireless Bluetooth Classic yang masih banyak di gunakan pada perangkat yang ada dan BLE sebagai standar baru penggunaan koneksi wireless.   

Sumber : Tabloid SINYAL 
Ditulis oleh: Kang Tarso - Saturday, December 8, 2012

4 komentar untuk "Evolusi Bluetooth"

  1. Evolusi selanjutnya adalah Simple Object Access Protocol, yang merupakan spesifikasi protocol untuk bertukar informasi yang terstruktur dalam pelaksanaan Layanan Web di jaringan komputer.

    ReplyDelete
  2. Maaf tanya mas bro, klo bluetooth v3.0 sdh bisa d koneksikan dg speaker bluetooth blm ya?

    ReplyDelete
  3. Untuk saat ini v4 yang paling keren mas brow
    NikmTi yg sudah ada aja

    ReplyDelete

SAHABAT BLOGGER

ADMIN BLOG

Selamat datang di Dunia Tekno