Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Camera GC100



Setelah menghadirkan smartphone di berbagai segmen,Samsung nampaknya kian menunjukan keseriusannya dengan melempar ke pasar perangkat pengabadi gambar yang lagi-lagi masih mengandalkan Android sebagai nilai jualnya.Dengan bekal Android Jelly Bean,pengguna selain di manjakan dengan kemampuan pengambilan gambar yang mumpuni,juga bakal di sambut dengan ragam fitur berbagi foto yang kini semakin mudah berkat pembekalan koneksi Wi-Fi hingga data operator.Seperti apa keunggulan dari Samsung Galaxy Camera ini,mari kita simak ulasannya berikut:

Desain

Dimensi : 128.7 x 70.8 x 19.1 mm; Bobot : 309 gram.

 Bobot dari Samsung Galaxy Camera  ini terbilang cukup berat jika di bandingkan dengan kamera kompak lain,kamera ini memiliki layar sentuh selebar 4.8 inci yang sudah di lapisi Gorilla Glass.Meski demikian bukan berarti Anda tidak perlu membeli kantong kamera khusus,karena bagian bodinya yang halus memang sangat rawan tergores.Di bagian atas bodi,bertengger tombol power yang berdampingan dengan dengan tombol shutter beserta kontrol zoom yang juga berfungsi untuk mengatur volume.Masih pada bagian yang sama,samsung juga meletakkan lubang mikrofon beserta lampu flash.
Beralih ke bagian kanan,Anda akan menemukan port audio 3.5mm dan port microUSB beserta handle tempat menyimpan aksesori tali gantungan.

Hardware

Exynos 4412 Quad core 1.4 GHz Cortex-A9 CPU ; RAM 1GB,8 GB built-in storage (4 GB User Available),Slot MicroSD. 

 Agar dapat menunjang kinerjanya yang menjalankan ragam aplikasi termasuk serangkaian task pengambilan gambar dan video,samsung membekali Galaxy Kamera dengan prosesor quadcore 1.4 GHz dengan bekal RAM sebesar 1 GB.
Sedangkan untuk menyimpan foto dan video,Samsung menyediakan ruang internal 8 GB yang dapat di pakai bebas oleh pengguna hingga 4GB.Selain menggunakan tambahan penyimpanan fisik,Anda juga dapat memanfaatkan penyimpanan awan Dropbox.Sementara untuk memastikan daya tahannya,Samsung Galaxy Camera menggunakan baterai Li-ion 1650 mAh yang dapat di lepas.  

Layar Dan Software

4.8" Super Clear LCD with HD (720 x 1280 pixels) resolutions ; 16M colors; Corning Gorilla Glass 2 ; Android Jelly Bean 4.1.1,Photo,Wizard,Paper Artist,Video Editor.

 Menggunakan layar berjenis Super Clear LCD,Samsung Galaxy Camera membawa resolusi HD720p (1280 x 720 piksel) yang menghasilkan kepadatan hingga 306ppi.Sementara untuk tampilan antarmuka yang diusung ,meski sama-sama mengusung Jelly Bean ternyata berbeda dengan interface yang di gunakan pada smartphone.Perbedaan utama yang terlihat ketika Anda berada pada homescreen adalah smart mode yang menyuguhkan akses pintas pemotretan foto dengan menggunakan beragam preset seperti sunset,best photo,night,fireworks,continues shot dan sebagainya.
Sementara untuk aplikasi pendukung,Samsung menyediakan aplikasi Photo Wizard dan Paper Artist yang dapat anda manfaatkan untuk mengedit foto.Sedangkan aplikasi video editor memungkinkan pengguna untuk mengedit langsung dari perangkat ini.

Internet dan Sharing Options

HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100,Wi-Fi 802.11 b/g/n,Wi-Fi hotspot,Bluetooth A2DP,MicroUSB,DLNA with Allshare Player.

 Dengan pilihan koneksi Wi-Fi dan HSDPA dari operator,Anda juga dapat langsung mengunggah hasil foto dan video langsung ke web atau membagikannya kepada teman melalui situs jejaring sosial.Anda juga dapat mengirimkan hasil laporan atau liputan berita misalnya.Selain melalui internet,Anda juga bisa memanfaatkan Bluetooth,Wi-Fi Direct,microUSB,DLNA,Samsung Galaxy Camera juga di lengkapi opsi sharing seperti Group Cast.Anda juga mendapatkan bonus Dropbox 50 GB.

Kamera Foto

Auto,Smart Expert; 16.3-megapixels backside-illuminated CMOS,21xOptikal Zoom,Shutter Speed: 16-1/2.000 detik,ISO up to 3200.

 Samsung Galaxy Camera bukan sekedar gadget pintar dengan kamera,tetapi juga merupakan peranti pengabadi gambar yang menawarkan sensor berkekuatan 16.3 megapiksel yang mendukung kemampuan optical zoom hingga 21kali.Untuk mengakomodasi kemampuan  Samsung Galaxy Camera ,samsung telah memodifikasi camera app ala Android Jelly Bean dengan ragam setting yang lebih fleksibel.Pada Samsung Galaxy Camera terdapat 3 mode masing-masing auto,smart dan expert.

 Mode pertama adalah mode auto yang secara otomatis akan memberikan pengaturan standar saat Anda melakukan pemotretan.

Sedangkan mode smart,memberikan pilihan kepada pengguna untuk mengambil gambar berdasarkan preset yang telah di tentukan.
Samsung menyediakan 15 pilihan preset yang memudahkan pengguna mendapatkan hasil yang sesuai dengan scene yang sedang di bidik.Berikut beberapa fungsi preset yang bisa Anda pilih:

  • Landscape: adalah mode yang dapat Anda pakai untuk mengambil gambar pemandangan.
  • Macro: untuk mengambil objek dari jarak dekat. 
  • Action Freeze: adalah mode yang dapat Anda gunakan untuk memotret objek yang bergerak dengan cepat.
  • Rich Tone: adalah mode yang memungkinkan lensa untuk mengambil gambar yang sama dengan nilai exposure berbeda dan menggabungkannya dalam sebuah gambar yang memiliki ciri warna yang lebih lembut dan kaya.
  • Panorama: untuk mengambil gambar yang menggabungkan 8 gambar yang di ambil dari sudut berbeda
  •  Waterfall: adalah mode untuk memotret objek air terjun atau air yang mengalir menggunakan speed yang sangat lambat.Untuk itu Anda di sarankan menggunakan tripod. 
Sementara untuk mode ketiga,Anda dapat mengatur setting mulai dari shutter speed,apperture,resolusi,zoom,metering,sharpness,brightness,contras dan sebagainya.


Kualitas Foto Dan Video

Google Play,Google Search,YouTube,Gmail,LG Smart World.

 Mengusung kamera dengan lensa dan sensor ala kamera kompak,Samsung Galaxy Camera memungkinkan Anda untuk mendapatkan gambar dengan kualitas yang tajam dengan kelengkapan fitur optical zoom serta optical image stabilizer untuk mengurangi efek shake ketika kamera di pegang menggunakan tangan.


Video Camcorder

Full HD (1920 x 1080 pixels),720p (1280 x 720 pixels @60fps dan @30fps),768 x 512 pixels, (120fps), 480p (640 x 480 pixels @30fps),320 x 240 pixels (@30fps).

 Camcorder pada Samsung Galaxy Camera dapat Anda pakai untuk merekam video full HD1080p yang di simpan dalam format mp4.Anda juga dapat memilih resolusi lainnya dengan framerate maksimal 120fps guna menghasilkan efek slow-motion yang halus.

Samsung membekalkan sederet setting seperti zoom hingga 21 kali,optical image stabilizer,white balance,timer.metering,brightness,smart scene dan sebagainya sehingga kualitas video yang di hasilkan lebih maksimal.

Kesimpulan :

 Dengan mengusung kamera bersistem operasi terbuka,Samsung nampaknya telah mengambil langkah yang inovatif dalam menarik minat calon pembeli.Jika di tinjau dari sisi fotografis,di pasaran sebenarnya telah banyak beredar kamera dengan kemampuan yang lebih baik dari Samsung Galaxy Camera namun dengan banderol harga yang lebih kompetitif.Namun begitu dengan bekal prosesor quadcore yang di tanamkan,maka menebus perangkat ini seharga 5,5 juta boleh di bilang tidak terlalu mahal.


Kelebihan

- Android Jelly Bean.
- Kamera 16 MP dengan 21 X Zoom.
- Prosesor Quadcore 1.4 GHz.
- Pilihan sharing dan koneksi beragam.

Kekurangan

- Baterai hanya 1650 mAh.
- Aksesori kurang.
- Continues Shoot kurang gesit.

Sumber : Tabloid PULSA.  
Ditulis oleh: Kang Tarso - Friday, December 21, 2012

Belum ada komentar untuk "Kekurangan dan Kelebihan Samsung Galaxy Camera GC100"

Post a Comment

SAHABAT BLOGGER

Selamat datang di Dunia Tekno