Diet Sehat Dengan Ikan Kembung Dan Salmon

Diet sehat terkait dengan asupan omega 3. Para ahli menganjurkan mengkonsumsi ikan secara proporsional yaitu dua porsi ikan berminyak setiap minggunya. Ikan-ikan ini termasuk jenis salmon, kembung atau makarel, hearing ,sardin, dan tuna.

Kondisi lingkungan sekitar yang rentan mengandung polusi udara mudah membuat kita tidak fit. Oleh karena itu, menjaga pola makan dan selektif dalam mengkonsumsi makanan menjadi kunci agar tidak mudah sakit. Kombinasikanlah  menu makan dapat menjadi alternatif agar tidak bosan. Jika hampir setiap hari mengkonsumsi daging merah, ada baiknya Anda menggantinya dengan ikan.

  Melansir www.dailymail.co.uk menurut penelitian Harvard School of Public Health dan University of Washington , konsumsi ikan secara rutin justru memaksimalkan kesehatan, bahkan mencegah kemmatian prematur. Selain memangkas risiko kematian prematur ,konsumsi ikan penting untuk menyehatkan jantung  dan perkembangan otak dalam meningkatkan kognisi serta menjauhkan gangguan radang otak. Berikut ini dua jenis ikan yang bisa di konsumsi dalam rangka diet sehat :


1. Ikan kembung atau sering di sebut ikan makarel , orang-orang mengira selama ini ikan salmonlah yang memiliki kandungan omega 3 paling tinggi. Padahal ikan kembunglah yang menduduki peringkat tertinggi kandungan omega 3, menurut Dr dr Damayanti R sjarif SpA (K), konsultan nutrisi dan penyakit metabolik Departemen ilmu penyakit Anak FKUI/RSCM, melansir dari www.intisari-online.com. Dalam 100 gram ikan kembung mengandung omega 3 sebanyak 2,6 gram, sedangkan ikan salmon 1,4 gram. dengan kaya akan omega 3 asam lemak esensial, ikan kembung dapat menurunkan kadar kolestrol dan mengurangi risiko penyumbatan arteri,stroke, dan serangan jantung.

2. Ikan Salmon.
    Mengkonsumsi ikan ini dapat mencegah penyakit jantung karena ikan salmon mengandung omega 3 yang dapat membantu menurunkan tingkat trigliserida jahat yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, ikan salmon dapat meningkatkan fungsi otak dan memori. kandungan vitamin Adan asam amino  dalam ikan salmon yang dapat membantu merangsang aktivitas otak dan membuat fungsi memori bekerja lebih optimal. komponen ini juga sangat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan dan perkembangan otak.

Semoga bermanfaat.
Ditulis oleh: Kang Tarso - Tuesday, May 7, 2013

5 komentar untuk "Diet Sehat Dengan Ikan Kembung Dan Salmon"

  1. Konsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan diantaranya menyehatkan jantung dan perkembangan otak dalam meningkatkan kecerdasan pada anak. untuk orang dewasa juga baik untuk menurunkan berat badan secara alami dan mudah.

    ReplyDelete
  2. konsumsi ikan memang sangat baik untuk kesehatan terutama ikan laut. juga baik untuk menurunkan berat badan secara mudah dan alami.

    ReplyDelete
  3. terimakasih atas artikelnya, artikelnya bagus dan sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

SAHABAT BLOGGER

ADMIN BLOG

Selamat datang di Dunia Tekno