Tips Cara Mengatasi Force Close Di Android

Sebagian pengguna sistem Android sering mengalami force close saat membuka aplikasi atau game. Force close di Android ibarat di komputer saat buka aplikasi ada notifikasi Not Responding> Penyebabnya, file aplikasi mengalami crash/cacat. Bisa kena virus atau pada saat instalasi aplikasi mengalami kerusakan. Fakto lainnya, mungkin karena sistem operasi yang memang sudah crash sehingga sistem operasi tidak bisa melaunch data dari sistem aplikasi tersebut.

 Sama halnya pada Android saat mengalami force close , sistem operasi Android tidak bisa me-launch  data yang berada pada sistem . Apa itu Force Close ? yaitu aplikasi yang exit otomatis saat aplikasi sedang di jalankan . Masalah yang sering menerpa pada gadget Android . Tidak peduli pada seri apa perangkat Android Anda, masalah ini pasti pernah anda temui.

 Hal ini bisa di sebabkan versi aplikasi yang tidak kompatibel dengan versi OS Android kamu atau karena kerusakan sistem atau kerusakan lainnya.

Sebenarnya berbagai Chipset dan peranti Android menjadikan para developer pembuat aplikasi Android agar membangun aplikasi Android yang serasi dengan semua peranti Android yang beredar di pasaran saat ini.

 Chipset CPU seperti halnya pada ARM mempunyai tingkat kestabilan yang tinggi dalam melaksanakan kerja aplikasi yang sedang di buka. CPU ini juga bekerja dengan cara yang sedikit berbeda.

 Contoh yang paling terlihat adalah pada kehadiran chipset yang berjenis MIPS yang tadinya tidak boleh menjalankan pokok tertentu  dan akan mengakibatkan force close apabila aplikasi di jalankan.

 Hal tersebut terjadi karena arsitektur dan cara kerjanya berlainan dengan standar CPU ARM. Setelah aplikasi tersebut selesai di buat oleh para developer aplikasi Android dan di perbaharui di Google Play Store barulah ia boleh di jalankan untuk menghindari masalah force close tersebut.


Sistem Operasi Android Crash/Rusak

Crash pada sistem Android di sebabkan karena hilangnya/rusaknya sistem root, sistem operasi Android sama halnya dengan sistem operasi di komputer yang akan mengalami kerusakan yang di akibatkan berbagai macam hal, baik itu virus, pemasangan aplikasi atau game yang tidak sesuai , atau bahkan pada saat menginstal ROM tidak sempurna.

 Hal lain yang sering terjadi adalah ketidakcocokan device dengan costum ROM yang di install, olehb karena itu pemilihan ROM harus benar-benar sesuai dengan device yang di miliki terutama pada saat akan menginstall Costum ROM harus di pilih dengan hati-hati karena bukan saja akan mengalami force close bisa jadi device yang di miliki akan Brick. Solusinya : Jika ketiga permasalahan di ats masih terjadi maka ada baiknya Anda mengganti sistem Android Anda, untuk pengguna Costum ROM pilih Costum ROM yang benar-benar di percaya dan developer nya andal.

Dalam beberapa kasus kerap pengguna yang mendapatkan pesan force close setelah melakukan pembaharuan sistem OS Androidnya . Konflik ini berlaku jika sistem nya baru tersebut menggunakan data-data sementara (temp files) dari sistem lama. Jika terjadi hal ini, sebaiknya bersihkan data sementara (cache & user data) dengan melakukan pemebrsihan pada sistem seperti reset memori

Aplikasi Yang Bersangkutan Masih Dalam Tahap Beta

  • Data game yang belum lengkap dan di perlukannya pembaharuan.
  • Kurangnya sokongan dari chipset terkini.
  • Konflik antara aplikasi dan sistem utama Android setelah melakukan update OS Android terbaru.
  • Konflik data Dalvik , data sementara (temp files) yang di simpan oleh aplikasi.
Apabila Terjadi Force Close Pada Gadget Android Kamu, Biasanya Akan Muncul Pop-up Yang Menunjukan :

"The Aplication (nama aplikasi) (process ID aplikasi ) has stopped unexpectedly. Please Try Again"

 Pastikan kamu mengetahui aplikasi atau nama aplikasi yang telah terjadi konflik . Untuk mengatasi masalah force close ini yang perlu kamu lakukan adalah : 
  • Lakukan reboot. mati dan hidupka gadget Android kamu untuk menguji kelancaran aolikasi yang di ketahui force close tersebut . Lalu coba jalankan aplikasi yang sama . Apakah masih terjadi Force Close ?
  • Uninstall dan install ulang aplikasi yang bersangkutan . Ada kemungkinan aplikasi tersebut konflik dengan data lam setelah melakukan pembaharuan versi terbaru. Mudah kok, jangan menyerah. 
  • Buanglah data aplikasi atau program cache . Setiap aplikasi akan membuat program simpanan data untuk keperluan pengguna. Misalnya data login, data level pada sebuah game, data image untuk keperluan aplikasi yang bersangkutan. Kamu bisa menghapus data-data ini. Harap di ingat, setelah melakukan proses ini kamu harus login lagi ke aplikasi Facebook, Misalnya. Cara ini lebih baik di lakukan daripada aplikasi kamu terus-terusan Force Close.

    Caranya Mendelete Aplikasi Atau Program cache Adalah Sebagai Berikut :


  • Masuk ke setting
  • Klik menu apps/aplication
  • Biasanya ada pilihan Downloaded | On SD Card | Running | All
  • Pilih saja All
  • Kemudian pilih aplikasi yang force close tadi
  • Pilih saja menu Clear Data dan juga menu Clear Cache
Reboot Gadget Android kamu, Semoga cara ini sudah dapat mengatasi permasalahan pada aplikasi Android kamu yang sering force close sendiri.
 
Aplikasi Atau Game yang Tidak Cocok Dengan Sistem Operasi Android

Misalnya, aplikasi yang di peruntukan untuk sistem operasi Android ICS di-install di Gingerbread maka besar kemungkinan aplikasi /game tersebut akan mengalami force cllose karena ketidaksesuaian sistemnya. Sama halnya di komputer , aplikasi yang hanya bisa di jalankan di windows 7 lalu di jalankan di windows XP , maka aplikasi tersebut akan mengalami Not Responding yang di akibatkan perbedaan registry di dalam sistem operasi.

Solusi : 

Ganti aplikasi tersebut sesuai dengan sistem operasi yang terpasang di HH android yang Anda miliki.

File Data Tidak Cocok Dengan Tipe HH (GPU,Prosesor) 

Sering sekali para pengguna Android men-download game + data sekaligus yang tujuannya untuk mempermudah instalasi , mengingat tidak semua pengguna memiliki akses internet dengan kecepatan tinggi / tidak memiliki akses WiFi sendiri untuk mendownload data tambahan game yang ingin di mainkan. Namun permasalahannya adalah tidak semua game + data yang ada itu cocok dengan Device yang di miliki walhasil banget semua game + data yang di masukan akan terjadi Force Close.

Solusi :

Download game + data sesuai dengan device yang di miliki, atau jika punya akses internet sendiri ada baiknya download langsung dari device Android Anda.

Salah Menempatkan File data Game

Penempatan file data tambahan untuk setiap game berbeda-beda . ada yng menempatkannya di folder  Android / data, Android / Obb, atau Gameloft/games. Kesalahan penempatan file data juga dapat mengakibatkan force close karena sistem operasi akan confuse mencari file data.

Solusi :

Ikuti petunjuk instalasi game tersebut dengan teliti dan web tempat downloadnya.

Semoga bermanfaat.   
 
 
  
Ditulis oleh: Kang Tarso - Sunday, September 1, 2013

56 komentar untuk "Tips Cara Mengatasi Force Close Di Android"

  1. yups,penjelasan tentang androidnya mudah dimengerti disertai dengan tips yang keren

    ReplyDelete
  2. Tapi Ǻϑª ƍäª sih gan aplikasi untuk anti force close??

    ReplyDelete
  3. @agan halim : saat ini belom ada gan aplikasi untuk anti force close. ane saranin juga coba pake custom ROM, untuk HH andr*max i/new jangan pake aplikasi swap file, karena uda ada yg brick HH'nya, apalagi cobacoba nge overclock tanpa tau cara memakainy, bisabisa jebol itu HH..

    ReplyDelete
  4. saya tidak bisa mengupload video di ig selalu saat sdh di pilih cover selanjutnya instagram terhenti. itu kenapa ya gan? padahal dulu saya pernah bs upload video, tapi skrg saya coba gk bisa.
    mohon bantuanx

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tau klo instagram bisa upload video, setau saya cm foto aja, seperti keterangan di atas , ada kinerja yang salah dari app tersebut.

      Delete
  5. Kalau aplikasi bawaannya sendiri yang force close gimana tuh?

    ReplyDelete
  6. Apa kah saat clear data/cache game , game nya akan terhapus/ ulang kembali dari awal gan??

    ReplyDelete
  7. Aku nda ngerti sama sekali. Tolooong

    ReplyDelete
  8. widihh mancaii bgt gan.. thanks ya infonya.. line ane bener lagi sekarang :)

    ReplyDelete
  9. gan, ini bbm ane di andro sony experia L force stop mulu, mau buka tapi gak bisa2, icon bbm hilang sebelah kiri atas dan saat buka langsung force stop, ada solusi gan? udah di reboot berkali2pun gak bisa2. di clear cache gak bisa, trus kalo di clear data takutnya kontak2 di bbm pada ilang, ane bingung gan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bingung nih andro sony xperia L, mksdnya apa ya?? mngkin aplikasi bbm, nya ga ccok sama device mba..

      Delete
  10. Gan, smartfren andromax c ane gak bisa buka instalan aplikasi dan gak muncul icon instalannya. itu kenapa ya gan?
    mohon solusi dan permasalahnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di reset ulang setelan pabrik jngn lpa backup dulu dta@ anda...

      Delete
  11. thanks banget infonya boss :) ...

    ReplyDelete
  12. gan ane main game nih nah sering keluar tiba tiba itu kenapa ya padahal ga ada bacaan force close atau apapun itu

    ReplyDelete
  13. Gan ,Hp Gw kan Asus Zenfone 5 ,Sistem Operasi nya Jelly bean ,Itu Kalau main Gta Sa Kok Force Close Terus Padahal Ram nya 2 GB ,. itu gimana gan solusinya ,. Game nya udah update Terbaru ,. Trus Emangnya kalau Harus Ganti Hp ,.hp Paling cocok untuk game Besar Itu apa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling cocok pke ipad, tapi g ada salahnya klo mo nge game pke console aja,,,,

      Delete
  14. Saya mau nanya kok game infinite flight simulator di
    Hp saya sering force close. Dibilang not responding
    Tapi malah force close mohon solusinya.

    ReplyDelete
  15. Cara biat RAMnya cukup gmn gan selain ditambah RAMnya biar pas main ga keluar lagi?

    ReplyDelete
  16. Kalo clear cache n clear data. Utk game yg tidak online. Berarti data hilang dan harus main ulang?

    ReplyDelete
  17. Gan HP ane Motorola Defy masalah ane muncul bacaan begini trus "Sorry! The application Home(process com.motorola.home) has stopped unexpectedly. Please try again gimana gan solusi nyaa

    ReplyDelete
  18. Gan hp gue xperia j, kalau main game suka patah patah, trus touchsc nya ngga bisa digunaain kalau, trus muncul force close deh,- itu kenapa yaa? Trimss ksh

    ReplyDelete
  19. oke berarti kalo muncul berkali2 dari apps yang sama, bisa diuninstall dulu aja kali ya

    ReplyDelete
  20. Gan hp ane dah di format ulng tpi knp yah ttp aj force close??? Btuh pencerhan nih gan.

    ReplyDelete
  21. Force Close sama Force stop APA bedanya?

    ReplyDelete
  22. Aplikasi bawaan sering force close knp tuh ?? Ada solusinya gak..

    ReplyDelete
  23. Klo aplikasi bawaan sering force close knp tuh gan ?? Ada solusi nya gak..

    ReplyDelete
  24. Klo aplikasi bawaan sering force close knp tuh gan . Ada solusinya ga

    ReplyDelete
  25. hp saya juga force close terus udah di flash dll, mau ke menu apapun ttp force close, tolongin minta solusinya dong kak :(

    ReplyDelete
  26. instagram saya tidak bisa terbuka, pdhl saya sudah uninstal, bgmna yah gan?

    ReplyDelete
  27. gan hh ane andromax c3 kalo instal game yang bukan dari play store pasti FC ato suruh download lagi...tapi donwload di playstore gagal terus..minta pencerahanya gan makasih

    ReplyDelete
  28. gan hh ane andromax c3 kalo instal game yang bukan dari play store pasti FC ato suruh download lagi...tapi donwload di playstore gagal terus..minta pencerahanya gan makasih

    ReplyDelete
  29. gan, gua punya tablet asus fonefad 7", sudah pakai kurang lebih 2,5 tahun. dari awal tidak ada masalah, cuma akhir2 ini sekitar 2 minggu dari tulisan ini saya buat, tablet saya sering mengalami masalah close otomatis, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa di buka, dan ada beberapa yang ttidak ada masalah ketika mau dibuka. yg tidak masalah spt: FB, WA. sedangkan yg lain rata2 mempunyai masalah yg sama yaitu ketika saya buka, maka akan secara otomatis langsung tertutup, tanpa ada pesan seperti FORCE CLOSE agan di atas, misal saya mau buka game COC, makan akan loading... setelah loading 100% secara otomatis langsung tertutup. saya cek RAM masih cukup, RAM saya 1GB. kira2 apa ya gan masalahnya???

    ReplyDelete
  30. Gan,kenapaya ketika donload file yang besar" di plastore selalu aja forceclose, tpi kalau donload file kecil tiad forceclose

    ReplyDelete
  31. Gan knapa ya saat donload apps di plystore yg berukuran besar" slalu aja close senediri, tpi kalau file yg kecil tidak

    ReplyDelete
  32. GAN KALAU SETELAN/PENGATUANYA SERING FORCE CLOSE GMN GAN ??

    ReplyDelete
  33. GAN KALAU SETELAN/PENGATURANYA YANG SERING "FORCE CLOSE" GMN? ADA SOLUSINYA KAH ??

    ReplyDelete
  34. Pake aplikasi gl tools hh harus root gue ram hh 256 main gta lancar aja

    ReplyDelete
  35. smart phone abnormal semua app tidak merespon dari keybord dll dan disuruh matiin tolong bantuannya

    ReplyDelete
  36. smart phone sedang abnormal semua app bawaan dari hp tdk merespon dan disuruh matiin hp Gimana ngatasinnya gan tolong bantuannya

    ReplyDelete
  37. makasih gan infonya :)


    klik sekarang www.serbabayar.com , dapatkan kemudahan isi ulang voucher pulsa maupun pulsa listrik secara online. Bisa dilakukan 24 jam , sangat hemat , cepat dan tepat. Akses sekarang www.serbabayar.com langsung dari smartphone anda.

    ReplyDelete

SAHABAT BLOGGER

ADMIN BLOG

Selamat datang di Dunia Tekno